Sabtu, 08 Maret 2008

Manfaat silica

Manfaat Silica Tak Diragukan Lagi

Menurut ilmu Gizi saat ini, sebelum silicon (Silica) banyak diketahui dalam biologi, Louis Pasteur telah memperkirakan bahwa silicon akan ditemukan sebagai substansi terapi penting untuk banyak penyakit. Salah satu dari sekian banyak ilmuwan yang mempelajari silica baru-baru ini, dan melaporkan manfaat kesehatan yang positif adalah Dr. Edith Carlisle, yang berbagai penelitiannya dilakukan di UCLA pada tahun 1972. Ia menemukan bahwa silica adalah sebuah trace elemen esensial yang diperlukan untuk pembangunan tulang yang normal.
Nutrition Today, Agustus, 1993 oleh Carol D. Seaborn, Forrest H. Nielsen

MANFAAT SILICA PLUS

Kesehatan jaringan penghubung. Organ-organ di dalam tubuh disusun & dipersatukan oleh jaringan penghubung. Kelemahan jaringan ini membuat melemahnya kedudukan, sehingga dapat terjadi disfungsi organ.

Kesehatan tulang. Tulang terbuat dari jalinan serat-serat protein (kolagen) yang berisi mineral. Silica meningkatkan Kolagen I dalam pertumbuhan tulang hampir mendekati 100%. Mempertahankan kepadatan & kekuatan tulang, perbaikan keretakan tulang & mengurangi resiko rapuh tulang. Hasil penelitian UCLA membuktikan bahwa tulang yang memiliki kandungan silicon tinggi memiliki kadar kalsium tinggi. Suplementasi silica mempercepat mineralisasi tulang.

Kesehatan sendi. Silica sangat penting bagi pengembangan tulang rawan sendi, menyokong keutuhan persendian & ligamen serta mengurangi resiko peradangan sendi (arthritis), kerusakan tulang rawan sendi karena osteoarthritis (penuaan) ataupun karena gout (asam urat tinggi). Hasil penelitian Prof. Carlisle membuktikan bahwa silica sangatlah esensial bagi pembentukan tulang rawan.

Kesehatan jantung & pembuluh darah. Kekuatan lapisan terdalam jaringan arteri (lapisan tunika intima) sangat bergantung pada silica. Silica baik untuk meningkatkan kelenturan & kekuatan pembuluh darah arteri. Mengurangi resiko pengerasan arteri, tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke dan masalah aliran darah lainnya. Hasil penelitian para ahli di Paris terhadap 72 orang dewasa berusia 61 tahun ke atas membuktikan bahwa pembuluh darah Arteri yang memiliki masalah Atherosclerosis memiliki kandungan silica 14x lebih rendah dibandingkan dengan pembuluh Arteri sehat. Defisiensi silica dapat menimbulkan terlihat jelasnya pembuluh darah vena yang mendorong terjadinya varises atau wasir.

Kesehatan saluran pernafasan & paru. Elastisitas jaringan dan fungsi paru-paru bergantung pada kehadiran silica. Di Eropa silica seringkali diberikan bersamaan dengan obat-obatan karena ditemukan meningkatkan sistem imun dengan meningkatkan pembentukan limfosit dan fagosit yang sangat dibutuhkan bagi penderita kanker. Silica mendorong pengeluran lendir, mengurangi batuk, kelenturan jaringan paru (kemampuan mengembang/menciut) & regenerasi selaput lendir paru, mengurangi resiko emfisema (kantung udara kurang elastis), TBC paru, dan penyakit paru lainnya.

Kesehatan kulit, rambut & kuku. Kekurangan silica dapat dilihat dari adanya gejala kuku rapuh, kulit keriput, kulit lembek, kerontokan rambut. Penelitian mengkonfirmasikan bahwa silica mampu mengatasi proses penuaan dini.

Kesehatan ginjal. Silica membantu mengeluarkan urine hingga 37% (natural diuretik) dan mengurangi resiko edema (badan bengkak karena menahan cairan).

Silica telah bertahun-tahun digunakan sebagai anti peradangan. Baik untuk mengurangi peradangan pada gusi, mulut, saluran pernafasan, pencernaan & kandung kemih.

Silica memperbaiki tekstur jaringan. Silica dapat digunakan secara eksternal pada kulit yang bermasalah seperti pada jerawat, bercak merah, alergi, luka, borok, & jamur kulit.

Anti Aging Product. Silica berperan penting dalam memelihara kesehatan rambut, kuku dan kulit agar tetap awet muda serta karena fungsi lainnya yang berguna didalam mencegah penyakit, maka selayaknya silica mendapatkan perhatian lebih sebagai elemen esensial didalam memelihara vitalitas tubuh dan menjaga keremajaan.